Kisahku Di Rumah Quran Maryam - Part 1

October 28, 2022



Langit Di Kota Wisata - Rumah Quran Maryam



Hello shadiqatun..!
Di sini aku mau berbagi pengalaman menghafal Al-Qur'an dan belajar tahsin di Rumah Qur'an Maryam.

Ada yang sudah tahu di mana Rumah Qur'an Maryam??
Kalau belum tahu sini aku kasih tahu.. hihi

Jadi, Rumah Qur'an Maryam adalah lembaga tempat menghafal Al-Qur'an dan belajar tahsin. Lokasinya berada di Komplek Amsterdam, Kota Wisata, Bogor, Jawa Barat. Sebenarnya RQM (singkat saja ya) ini memiliki cabang lainnya shadiqatii, cabang kedua berlokasi di Villa Mahkota, Bojongkulur, Bogor, Jawa Barat.

Awalnya, sebelum aku menemukan RQM ini, aku lagi cari Rumah Qur'an khusus akhwat (ya iyalah akhwat, ya masa ikhwan, gimana sih min -_-).
Qadarullah sering dapetnya program yang 1 tahun. Lumayan lama sih buat aku yang sudah menyusun planning.

Alhamdulillah, biidznillah ketika scroll IG ketemu lah dengan Instagram Rumah Qur'an Maryam ini. Aku lihat ada video seorang santri sedang hafalan Al-Qur'an. MaasyaAllah, pertama yang aku dengar itu dari segi tahsinnya yang lumayan. Karena, aku sedang mencari RQ yang tidak hanya menghafal saja.. tapi dari segi makharijul huruf dan tajwid diperhatikan. Akhirnya aku buka IG Rumah Qur'an Maryam dan mencari info lebih mengenai Rumah Qur'an Maryam. 

Setelah aku scroll IG, dapatlah satu postingan yang menarik. Ternyata mereka membuka pendaftaran angkatan 6 gelombang kedua. Tapi aku gak tahu nih, apakah masih berlaku pendaftarannya atau tidak, sampai akhirnya aku chat admin RQM. Alhamdulillah ternyata masih dibuka. Ya sudah akhirnya aku coba daftar dulu, hasil diterima atau tidaknya itu urusan belakangan. Kan yang penting mencoba dulu ya kaaan... Hehe

Jadi, program RQM ini sekitar enam bulan, tiga bulan menjadi santri dan tiga bulan lagi masa pengabdian. Nah, aku lihat program ini tidak hanya mengahafal Al-Qur'an saja, tapi ada ilmu lainnya juga, seperti belajar ilmu tahsin, kajian tentang Tauhid, kajian bahasa Arab dasar, ilmu kerumahtanggaan, kajian adab, dan tentunya ilmu menjadi guru Al-Qur'an yang berkarakter rabbani. MaasyaAllah banyak banget kan? Jadi tidak hanya menghafal Al-Qur'an saja, tapi dari segi ilmu pun kita harus belajar. Apalagi kalau belajar agama kan gak cuma menghafal Al-Qur'an saja, tapi dari ilmu lain pun harus dipelajari. Jadi shadiqatii tahu kan yaa kenapa ini buat sreg di hati..

Lanjut ya.. 
Jadi setelah daftar, yaa aku tunggu pengumuman lulus atau enggaknya. Nah selama menunggu itu, aku sempatkan waktu untuk mengambil ijazah sarjana di Yogya. Karena, mulainya program itu tanggal 20 Maret 2022. Sedangkan aku dapat info ini sekitar awal bulan Maret. Gimana gak mepet niih, soalnya aku ke Yogyakarta dulu.
Ketika aku di Yogya, sekitar sore hari dan aku sedang menemani temanku belanja skincare, aku bukalah IG Rumah Qur'an Maryam. Lumayan deg-degan sih.. kalau gak keterima berarti Allah mengizinkan aku untuk bekerja saja, karena planning lain selain ke RQ ya kerja, menikah, atau lanjut S2. Alhamdulillah, hasilnya aku lulus di Rumah Qur'an Maryam, gelombang kedua untuk angkatan 6.

Setelah dapat pengumuman tersebut, besok paginya aku pulang menuju Tasikmalaya sebelum aku melanjutkan perjalanan baru di Bogor, untuk mempersiapkan perbekalan selama 6 bulan di Rumah Qur'an Maryam.

Untuk kisah selanjutnya ditunggu yaa shadiqatii di Sekelumit Kisah di Rumah Qur'an Maryam part 2.

No comments:

Powered by Blogger.