5 Rekomendasi Kamus Bahasa Arab Terbaik Untuk Kamu Yang Sedang Belajar Bahasa Arab, Yuuk Simak!

January 03, 2023

    Belajar bahasa Arab tentu tidak akan lepas dari menghafal kosakata. Tidak mudah untuk menghafal begitu banyak kosakata, terutama dalam bahasa Arab di mana satu kata dapat mengandung banyak makna dan turunannya.

    Maka dibutuhkan kamus bahasa Arab untuk memudahkan kita dalam mempelajari bahasa Arab. Nah, untuk teman-teman yang bingung atau tidak tahu kamus apa yang bagus, aku rekomendasikan 5 kamus untuk kalian.

1.     Kamus Al-Munawwir

    Bagi teman-teman yang sudah mempelajari bahasa Arab tentunya sudah tidak asing dengan kamus yang satu ini, ya.. Kamus Al-Munawwir.

   Kamus Al-Munawwir Arab-Indonesia disusun oleh KH. Ahmad Warson Al-Munawwir yang memiliki ketebalan 1634 halaman. Kamus ini termasuk kamus terlengkap di Indonesia. Banyak pelajar, terutama mahasiswa yang belajar bahasa Arab menggunakan kamus ini karena memudahkan dalam mencari kosakata bahasa Arab.

Buku kamus Al-Munawwir dapat ditemukan di toko buku terdekat atau melalui pembelian online.

Kamus Al-Munawwir pun kini sudah dapat di download di App Store, hanya saja aplikasi ini tidak gratis.


2.     Kamus Al-Maany

    Kamus kedua yang direkomendasikan adalah Kamus Al-Maaany. Kamus ini cukup membantu dalam pembelajaran Bahasa Arab karena termasuk kamus yang lengkap. Kamus Al-Ma’any tidak hanya menterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia saja, tapi ke dalam bahasa lain seperti bahasa Arab-Arab, Arab-Inggris, Arab-Turki, Arab-Rusia, dan beberapa bahasa lainnya yang dapat ditelusuri di website kamus Al-Maany.

Selain di website, kamus Al-Maany pun memiliki aplikasi yang dapat ditemukan dan di download di App Store.

3.     Kamus Al-Kamus


    Kamus Al-Kamus ini lumayan bagus karena bersumber dari kamus Al-Munawwir dan Al-Mu’jam Al-Wasiith. Al-Kamus dapat menerjemahkan dari Arab-Indonesia atau Indonesia-Arab. Founder atau pemilik Al-Kamus ini adalah Ustadz Firanda Andirja Official. Aplikasi ini dapat download di App Store.

4.     Kamus Arab Indonesia


    Kamus Arab Indonesia dari Ristek Muslim ini termasuk kamus yang direkomendasikan untuk dimiliki. Kamus terbitan Ristek Muslim ini termasuk lengkap yang memuat 154.644 kosakata. Hal menarik dari kamus Ristek Muslim ini adalah memiliki beberapa kamus yang secara otomatis menterjemahkan yakni kamus Arab-Indonesia, Mu’jamul Arab, Kamus Al-Mufid, dan Kamus Al-Quran.

    Aplikasi ini gratis ya teman-teman dan dapat dipakai secara offline. Untuk pengguna IOS, kamus Ristek Muslim sudah terdapat versi IOS nya. Silahkan di Download.

5.     Kamus Bin Mahfud : Arab – Indonesia


    Kamus terakhir yang rekomendasi untuk kalian yaitu Kamus Bin Mahfud. Kamus Bin Mahfud ini memuat lebih dari 150.000 kosakata yang tidak hanya menerjemahkan, kamus ini dapat mentahsrif, dan menemukan akar kata dari suatu kata. 

    Itulah lima rekomendasi kamus bahasa Arab-Indonesia untuk kalian yang sedang belajar bahasa Arab. Semoga membantu!

No comments:

Powered by Blogger.